cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): April" : 18 Documents clear
Pengaruh dukungan organisasi terhadap kinerja di mediasi oleh keadilan organisasi pada kantor satuan polisi pamong praja kabupaten kutai kartanegara Erli Abdi Mujibburrahman; Tetra Hidayati; Dirga Lestari AS
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.7732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan organisasi terhadap kinerja di mediasi oleh keadilan organisasi pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) Kabupaten Kutai Kartanegara. Sampel penelitiannya sebanyak 205 anggota Satpol PP Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan alat analisis menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja, artinya makin tinggi dukungan organisasi akan meningkatkan kinerja organisasi Satpol PP Kabupaten Kutai Kartanegara. Variabel dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keadilan organisasi, artinya makin tinggi dukungan organisasi kepada pegawai akan semakin dirasakan keadilan organisasi Satpol PP Kabupaten Kutai Kartanegara oleh pegawainya. Variabel keadilan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja, artinya makin tinggi keadilan organisasi diterapkan akan meningkatkan kinerja organisasi Satpol PP Kabupaten Kutai Kartanegara. Variabel keadilan organisasi terbukti secara signifikan sebagai variabel intervening pada pengaruh variabel dukungan organisasi terhadap variabel kinerja organisasi, artinya keadilan organisasi dapat memediasi dukungan organisasi terhadap kinerja organisasi Satpol PP Kabupaten Kutai Kartanegara.
Pengaruh Semangat Kerja dan Disiplin Kerja serta Pengawasan terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Makan Torani Jalan Juanda Samarinda Hasma Hasma; Zainal Ilmi; Muhammad Wasil
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.5619

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh semangat kerja dan disiplin kerja serta pengawasan terhadap kinerja karyawan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada 42 karyawan Rumah Makan Torani Jalan Juanda Samarinda yang diambil dengan menggunakan teknik sampling. Selanjutnya, data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk melhat pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada Rumah Makan Torani  Jalan Juanda Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel semangat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, variabel pengawasan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada pt bahtera nusantara transports Darlan Darlan; Syarifah Hudayah; Rahmawati Rahmawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.6273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan PT Bahtera Nusantara Transports. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini mununjukkan: (1) Brand Image (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y1), (2) Brand Awareness (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y1), (3) Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2).
Pengaruh persepsi harga, kualitas layanan dan pengalaman konsumen terhadap minat beli ulang konsumen Nindi Pebriani; Jusuf Kuleh; Alexander Sampeliling
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.5333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas layanan dan pengalaman konsumen terhadap minat beli ulang konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen Shopee yang menggunakan Shopee lebih dari dua kali di Samarinda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: Persepsi Harga (X1) , Kualitas Layanan (X2) dan Pengalaman Konsumen (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen.
Antesenden yang mempengaruhi keputusan pembelian motor honda scoopy pada astra motor di samarinda Fachli Hafiidh; Gusti Noorlitaria Ahmad; Asnawati -
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.7980

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Antesenden Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Honda Scoopy Pada Astra Motor di Samarinda. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik sampling eksidental sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Kualitas, Desain, Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Scoopy Pada Astra Motor di Samarinda secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Scoopy Pada Astra Motor di Samarinda, dan diantara variabel indevenden pada penelitian ini diketahui bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian motor Honda Scoopy pada Astra Motor di Samarinda. 
PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Muhammad Fahruzi; Saida Zainurossalamia; Sri Wahyuni
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.5626

Abstract

Muhammad Fahruzi, 2019 Effect of Experiental Marketing on Consumer Loyalty with Consumer Satisfaction as an Intervening Variable (Study in Midtown Hotel Samarinda), guided by Advisor I, Mrs. Dr. Saida Zainnurossalamia, S.E., M.Si and Ms. Dr. Hj. Sri Wahyuni, S.E., M.Si as Advisor II.          This study analyzed using a sample of 110 respondents or hotel guests who were visiting and staying at the hotel more than twice, using the purposive sampling method. The purpose of this study was to find out how the direct and indirect effects of the Experiential Marketing indicators consisting of sense, feel, think, act, relate to Consumer Loyalty were intervened by Consumer Satisfaction in Midtown Samarinda hotels. The data analysis technique used was the path analysis method ( path analysis).          The results of the study show that Marketing Experiences have a positive and insignificant effect on Consumer Loyalty, in Intervening by Consumer Satisfaction significant positive effect on Consumer Loyalty.
PENGARUH BANK DEBT DAN FIRM SIZE SERTA LEVERAGE TERHADAP CASH HOLDING PADA PERUSAHAAN INDUSTRI TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Nadya Karina Ayu Sandra; Irsan Tricahyadinata; Rizky Yudaruddin
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.6638

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris berkaitan dengan pengaruh Bank Debt (BANK), Leverage (LEV), Firm Size (FIRM), terhadap Cash Holding (CASH) pada perusahaan industri tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014 – 2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari Indonesian Stock Exchange (IDX) dan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Dari 19 perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar, diperoleh 14 perusahaan yang memenuhi kriteria dan dianalisis menggunakan teknik regresi data panel dengan model fixed effect sebagai uji hipotesi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, Bank Debt (BANK) berpengaruh negatif dan tidak signignifikan terhadap Cash Holding (CASH). Kedua, Leverage (LEV) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Cash Holding (CASH). Ketiga, Firm Size (FIRM) berpengartuh negatif dan signifikan terhadap Cash Holding (CASH).Kata Kunci: Bank Debt, Leverage, Firm Size, Cash Holding.   ABSTRACTThe purpose of this research is to analyze and provide empirical evidence relating to the influence of Bank Debt (BANK), Leverage (LEV), Firm Size (FIRM), on Cash Holding (CASH) on textile and garment industry companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period of 2014 - 2017. This study uses secondary data collected from the Indonesian Stock Exchange (IDX) and the study sample was taken using purposive sampling technique, which is the determination of samples that meet certain criteria. Of the 19 listed textile and garment companies, 14 companies were obtained that met the criteria and were analyzed using panel data regression techniques with a fixed effect model as a hypotheses test, and the analytical aid used in this research was E-Views 10. The research finding can be summarized as follows. First, Bank Debt (BANK) has a negative and not significant effect on Cash Holding (CASH). Second, Leverage (LEV) has a negative and not significant effect on Cash Holding (CASH). Third, Firm Size (FIRM) has a negative and significant impact on Cash Holding (CASH). Keywords: Bank Debt, Leverage, Firm Size, Cash Holding.
Pengaruh kepemimpinan lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai bidang sekretariat dinas pekerjaan umum penataan ruang dan perumahan rakyat provinsi kalimantan timur Laila Noor putri Mahanani; siti maria; syaharuddin syaharuddin
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.5398

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pekerjaan umum penataan ruang dan perumahan rakyat provinsi kalimantan timur. Metode penentuan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Responden sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, diolah dengan menggunakan SPSS versi 21.
PENGARUH SIZE, LEVERAGE, PROFITABILITY, DAN AGE TERHADAP INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016) NOVITA ANDRIYANA; Triana Fitriastuti; Djoko Setyadi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.5672

Abstract

This research was conducted to examine the effect of variable size, leverage, profitability, and age on intellectual capital disclosure. The research population includes all consumer goods industry sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2012-2016 period. Samples were taken using purposive sampling method. Based on the predetermined criteria, there are 24 companies. The data used is secondary data. The data analysis method used is descriptive statistics. The results showed that size, leverage, and age did not affect intellectual capital disclosure. While profitability has an effect on intellectual capital disclosure.
Pengaruh CSR, Resiko, Dan Corporate Governance Terhadap Cash Holding Pada Perusahaan Coal Mining Yang Terdaftar Di BEI Fhadil Muhammad; Justina Ade Judiarni; Hairul Anwar
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 5, No 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v5i1.6721

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan resiko serta corporate governance terhadap cash holding. Penelitian ini menggunakan objek penelitian pada perusahan coal mining yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014-2017. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel. Hasil analisis menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap cash holding, resiko berpengaruh positif tidak signifikan terhadap cash holding, dan corporate governance berpengaruh negatif signifikan terhadap cash holding. Kata Kunci    : Corporate Social Responsibliity (CSR, Resiko (beta), Corporate Governance, Cash HoldingAffect Of CSR, Risk, And Corporate Governance On Cash Holding in Coal Mining Industry Listed in Indonesia Stock ExchangeAbstractThis research purpose is to find the affect of Corporate Social Responsibilithy (CSR) and market risk also corporate governance toward cash holding. This research used coal mining corporates that registered in Indonesian Stock Exchange 2014-2017 as it objective. This research used regression panel data as it method. The results of this analysis showed that CSR has positive and significant affect on cash holding, market risk has postive and in-significant affect on cash holding, and corporate governance has negative and significant affect on cash holding.Keyword        : Corporate Social Responsibility (CSR), Market Risk, Corporate Governance, Cash Holding

Page 1 of 2 | Total Record : 18